creators_name: ANNISA NUR, EFANTI creators_id: 2053021002 type: other datestamp: 2025-02-15 01:48:52 lastmod: 2025-02-15 01:48:52 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ispublished: pub subjects: 370 subjects: 500 subjects: 510 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 192 siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih siswa kelas VIII-4 sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-1 sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemapuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran REACT lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. date: 2025-02-05 date_type: published publisher: Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 2053021002 citation: ANNISA NUR, EFANTI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/83791/1/ABSTRAKI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83791/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83791/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf