%0 Generic %A Dita , Dwi Utami %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:83797 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/83797/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 270 siswa yang terdistribusi ke dalam 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 36 siswa dan VIII B yang berjumlah 38 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian pada uji-t menunjukkan rata- rata peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Open Ended lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji kesamaan dua proporsi diperoleh bahwa siswa yang memiliki kemampuan berpikir reflektif matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Open Ended lebih tinggi daripada kelas yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan Open Ended berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Kata Kunci: pengaruh, kemampuan berpikir reflektif matematis, open ended This research aims to determine the effect of learning using the Open Ended approach on junior high school students' mathematical reflective thinking abilities. The population in this study was all students in class VIII of SMP Negeri 4 Bandar Lampung for the 2023/2024 academic year, totaling 270 students distributed into 9 classes. The sample in this research was students from class VIII A, totaling 36 students and VIII B, totaling 38 students, selected using a purposive sampling technique. The design used was a pretest-posttest control group design. Based on the results of research on the t-test, it shows that the average increase in mathematical reflective thinking ability of students who took part in learning using the Open Ended approach was higher than the average increase in mathematical reflective thinking ability of students who took part in conventional learning. The results of the equality test of two proportions showed that students who had mathematical reflective thinking skills were categorized as good in the class that took learning using the Open Ended approach at a higher rate than the class that took conventional learning. Thus, learning with an Open Ended approach influences students' mathematical reflective thinking abilities. Keywords: influence; mathematical reflective thinking ability; open ended