title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN SUSTAINABILITY LITERACY creator: AYU , IIN HIDAYAH subject: 370 Pendidikan subject: 530 Fisika description: Sebagian besar peserta didik di SMA belum menampakkan literasi keberlanjutan sebagai bentuk untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL pada materi energi alternatif untuk meningkatkan sustainability literacy peserta didik yang valid dan terbaca untuk digunakan. Penelitian pengembangan menggunakan pendekatan (DDR) yang diadaptasi dari Richey and Klein terdiri dari 4 tahapan, yakni: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) evaluation. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap uji keterbacaan produk. Uji validasi dilakukan oleh dua dosen ahli serta satu guru dan diperoleh persentase sebesar 94,09% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya uji keterbacaan produk dilakukan oleh 30 peserta didik kelas X yang telah mempelajari materi energi alternatif dan diperoleh persentase sebesar 90,69% dengan kategori sangat baik. Produk akhir yaitu LKPD berbasis PBL yang dikembangkan sudah memenuhi standar kelayakan LKPD yaitu valid dan terbaca. Namun perlu dilakukan uji lanjutan pada produk yaitu uji efektivitas untuk mengetahui keefektifan produk. Kata kunci: Energi Alternatif, LKPD, PBL, Sustainability Literacy. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-06-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83808/1/ABSTRAK%20-%20Ayu%20Iin.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83808/2/FULL%20SKRIPSI%20-%20Ayu%20Iin.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83808/3/FULL%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Ayu%20Iin.pdf identifier: AYU , IIN HIDAYAH (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN SUSTAINABILITY LITERACY. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/83808/