%0 Generic %A Kamila , Khusna Amalia %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:83837 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 1 SIDODADI %U http://digilib.unila.ac.id/83837/ %X Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di SDN 1 sidodadi. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran teka-teki silang terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non- equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 43 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan nonprobability sampling dengan jenis teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Instrumen uji coba berjumlah 25 dengan uji validitas berjumlah 15 soal valid dan 10 soal drop. Reliabilitas soal berjumlah 15 soal dengan rhitung = 0,83 artinya sangat tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan Fhitung = 4,85 ≥ Ftabel = 4,32. Persentase ketuntasan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 78,26% > 45% artinya penggunaan media pembelajaran teka-teki silang di kelas eksperimen lebih efektif. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran teka-teki silang terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata Pelajaran IPAS di SDN 1 Sidodadi. Kata Kunci: hasil belajar, media pembelajaran, teka-teki silang The problem of this research is the low IPAS learning outcomes of Four grade students at SDN 1 Sidodadi. The purpose of this study was to describe and analyze the presence of a significant influence on the use of learning crossword puzzle media on students' IPAS learning outcomes. This type of research is a quantitative research with an experimental approach. The research design used is the non- equivalent control group design. The research population consisted of 43 students. The research sampling technique uses saturated sampling.Data collection techniques with test and non-test techniques. There are 25 test instruments with a validity test of 15 valid questions and 10 drop questions. The reliability of the questions is 15 questions with rcount = 0,83 which means it is very High. The data analysis technique uses a simple regression test. The simple regression test results show Fcount = 4,85 ≥ Ftable = 4,32. The percentage of completeness in the experimental class was higher than that in the control class, namely 78,26% > 45%. there is a significant influence on the use crossword puzzle learning media on outcomes of students in class IV on the subject IPAS at SDN 1 Sidodadi. Keywords: learning outcomes, learning media, crossword puzzle