title: PENGARUH PENGGUNAAN GADGET, PERHATIAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG creator: DINDA , ANUGRAH PUTRI subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan gadget, perhatian orang tua, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi yang diperoleh siswa di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif-verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas XII IPS SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 119 siswa dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Lienear Sederhana dan Regresi Linear Berganda dan diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan gadget, perhatian orang tua, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan gadget, perhatian orang tua, dan lingkungan teman sebaya. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Hasil Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Penggunaan Gadget, Perhatian Orang Tua. This research aims to examine the influence of gadget use, parental attention, and peer environment on the economic learning outcomes obtained by students at SMA Negeri 7 Bandar Lampung. The method in this research uses descriptive- verification with a quantitative approach. The population in this research were students in class Data collection in this research used observation, questionnaires, interviews and documentation. The data analysis used is Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression and is processed using the SPSS application. The results of this study show that there is an influence of gadget use, parental attention, and peer environment on the economic learning outcomes of class XII IPS students at SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Based on the results of hypothesis testing, it was found that student learning outcomes were influenced by gadget use, parental attention, and peer environment. The remainder is influenced by other factors not included in this study. Keywords : Gadget Use, Learning Outcomes, Parental Attention, Peer Environment. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-04-26 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83839/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT%20-%20DINDA%20ANUGRAH%20PUTRI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83839/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20DINDA%20ANUGRAH%20PUTRI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83839/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-DINDA%20ANUGRAH%20PUTRI.pdf identifier: DINDA , ANUGRAH PUTRI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET, PERHATIAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/83839/