TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints83873 UR - http://digilib.unila.ac.id/83873/ A1 - MEYSA , FIRLAINA Y1 - 2024/06/14/ N2 - Masalah penelitian ini mencakup tantangan yang mungkin dihadapi dalam persepsi pendidik terhadap implementasi teknologi dalam pembelajaran, seperti pengetahuan pendidik, kemampuan pendidik, dan keahlian pendidik. Tujuan penelitian ini untuk memahami dan menganalisis persepsi pendidik terhadap implementasi teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait. Informan penelitian ini adalah pendidik dan kepala sekolah SD Negeri 5 Metro Barat. Hasil penelitian ini 1) kemampuan pendidik melalui pengalaman mengajar dan pelatihan, pendidik dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, yang secara keseluruhan meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di sekolah. 2) kemampuan pendidik untuk beradaptasi dengan teknologi dalam mendukung penbelajaran, 3) keahlian pendidik dengan dukungan kepala sekolah membantu pendidik mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dengan lebih baik memberikan kesempatan kepada pendidik seperti mengadakan IHT (in house training), mengikuti KKG (kelompok kerja guru), mengikuti pelatihan online maupun offline, dan kegiatan pengembangan profesional lainnya. Kata kunci: implementasi teknologi, persepsi pendidik, sekolah dasar. ABSTRACT EDUCATORS' PERCEPTIONS OF THE IMPLEMENTATION OF TECHNOLOGY IN LEARNING AT ELEMENTARY SCHOOL OF NEGERI 5 METRO BARAT By MEYSA FIRLAINA This research problem includes challenges that may be faced in educators' perceptions of the implementation of technology in learning, such as educator knowledge, educator abilities, and educator expertise. The aim of this research is to understand and analyze educators' perceptions of the implementation of technology in learning. This research uses a qualitative approach by collecting data through interviews, observation and analysis of related documents. The informants for this research were educators and principals at SD Negri 5 Metro Barat. The results of this research are 1) the ability of educators through teaching and training experience, educators can share knowledge and experience, which overall improves the quality of teaching and learning in schools. 2) the ability of educators to adapt technology in supporting learning, 3) the expertise of educators with the support of the school principal helps educators develop their skills and knowledge better, providing opportunities for educators such as holding IHT (in house training), participating in KKG (teacher working groups), participate in online and offline training, and other professional development activities. Keywords: technology implementation, educators' perceptions, elementary schools. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PERSEPSI PENDIDIK TERHADAP IMPLEMENTASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 5 METRO BARAT AV - restricted ER -