TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints83916 UR - http://digilib.unila.ac.id/83916/ A1 - DIVA , ALYCIA TARACEHAN Y1 - 2024/09/09/ N2 - Alat musik gamolan adalah salah satu instrumen yang paling banyak digunakan dalam musik tradisional di Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pendidikan alat musik gamolan dapat meningkatkan minat dan bakat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Objek penelitian adalah mengamati bakat, minat, dan kemampuan siswa di sekolah MIN 1 Bandar Lampung dalam bermain alat musik gamolan. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memahami dan menggambarkan aspek-aspek tertentu dari fenomena sosial yang terjadi pada objek penelitian. Pendekatan kualitatif yang digunakan menunjukan bahwa proses pembelajaran gamolan di sekolah MIN 1 Bandar Lampung berhasil mengembangkan bakat dan minat siswa melalui metode pembelajaran yang efektif, perencanaan yang matang, media pengajaran yang komprehensif, dan pelaksanaan yang terorganisir. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pendekatan yang tepat, kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi wadah yang sangat efektif untuk mengembangkan potensi siswa dalam berbagai aspek. Hasil observasi menunjukan bahwa siswa yang berprestasi dalam musik menunjukan kombinasi luar biasa dari keterampilan teknis, motivasi pribadi, dan kemampuan beradaptasi dalam penampilan publik. Kata kunci : Ekstrakurikuler, Pembelajaran, Gamolan, Minat dan Bakat The gamolan musical instrument is one of the most widely used instruments in traditional music in Lampung. This study aims to evaluate how gamolan music education can enhance students' interest and talent in extracurricular activities at school. The research object is to observe the talents, interests, and abilities of students at MIN 1 Bandar Lampung in playing the gamolan.The researcher employs a qualitative method with a descriptive approach to understand and describe specific aspects of the social phenomena occurring in the research object. The qualitative approach used indicates that the gamolan learning process at MIN 1 Bandar Lampung successfully develops students' talents and interests through effective teaching methods, thorough planning, comprehensive teaching media, and organized implementation. The conclusion of this study is that with the right approach, extracurricular activities can be a very effective platform for developing students' potential in various aspects. Observations show that students who excel in music demonstrate an exceptional combination of technical skills, personal motivation, and adaptability in public performances. Keywords : Extracurricular, Learning, Gamolan, Interest and Talent. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PEMBELAJARAN ALAT MUSIK GAMOLAN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT MUSIKAL SISWA MIN 1 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -