%0 Thesis %9 Masters %A Ayu Riani Mareta, 1321031001 %A Universitas Lampung, %B Fakultas Ekonomi dan Bisnis %D 2015 %F eprints:8394 %I Universitas Lampung %T ANALISIS REAKSI PASAR INDONESIA TERHADAP JOKOWI EFFECT %U http://digilib.unila.ac.id/8394/ %X ABSBTRAK Pada tahun 2014 Indonesia merayakan pesta demokrasi karena diadakan pemilihan presiden. Joko Widodo (Jokowi) sangat diharapkan untuk menjadi Presiden RI karena kinerja beliau saat menjabat gubernur DKI. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris ada atau tidaknya reaksi pasar modal terhadap ‘Jokowi effect’ pada sektor infrastruktur, utilitas, transportasi, konstruksi dan bangunan pada beberapa event. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan pengujian signifikansi uji beda reaksi pasar yang diukur dengan cumulative abnormal return (CAR), average trading volume activity (ATVA), dan bid-ask spread (BAS). Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, maka terdapat 46 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan cumulative abnormal return sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman pencalonan Jokowi sebagai Presiden RI. Namun, dalam event yang sama tidak terdapat perbedaan signifikan average trading volume activity dan bid-ask spread antara sebelum dan sesudah event. Pada saat event penetapan Jokowi sebagai Presiden RI oleh MK tidak terdapat perbedaan signifikan cumulative abnormal return , average trading volume activity dan bid-ask spread antara sebelum dan sesudah event. Pada saat event pelantikan Jokowi sebagai Presiden RI tidak terdapat perbedaan signifikan cumulative abnormal return dan average trading volume activity antara sebelum dan sesudah event. Namun, terdapat perbedaan signifikan bid-ask spread antara sebelum dan sesudah event tersebut. Kata kunci : reaksi pasar, event study, cumulative abnormal return, average trading volume activity, bid-ask spread