title: PENGEMBANGAN LKPD IPAS BERBASIS INKUIRI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR creator: SYAL, SALADEVA SETIANINGRUM subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah penelitian ini adalah pendidik belum mengembangkan LKPD IPAS berbasis inkuiri pada kelas IV di SD Negeri 5 Jatimulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD berbasis inkuiri pada mata pelajaran IPAS materi gaya kelas IV tahun pelajaran 2023/2024 di SDN 5 Jatimulyo. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model ADDIE. Populasi berjumlah 84 orang peserta didik. Sampel yang digunakan berjumlah 10 peserta didik. Instrumen penumpulan data berupa uji coba kelompok kecil, angket validasi, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari penilaian oleh validator dan respon siswa, sedangkan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar saran perbaikan dari validator. Hasil validasi materi memperoleh 3,65 dengan kategori valid, dan hasil dari validasi media memperoleh 3,43 dengan kategori valid. Uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 3,33 dengan kategori sangat menarik. Berdasrkan hasil tersebut LKPD dikatakan layak digunakan diperoleh kriteria valid dan layak digunakan peserta didik. Kata kunci: LKPD, inkuiri, IPAS ABSTRACT DEVELOPMENT OF INQUIRY-BASED IPAS LKPD ON STYLE MATERIALS IN PRIMARY SCHOOLS By SYALSALADEVA SETIANINGRUM The problem with this research is that educators have not developed inquiry-based LKPD IPAS in class IV at SD Negeri 5 Jatimulyo. This research aims to describe the process of developing inquiry-based LKPD in science and science subjects in class IV style material for the 2023/2024 school year at SDN 5 Jatimulyo. The research method used is research and development of the ADDIE model. The population is 84 students. The sample used was 10 students. Data collection instruments include small group trials, validation questionnaires, and student response questionnaires. The data analysis technique used is quantitative descriptive to process data in the form of scores from assessments by the validator and student responses, while qualitative descriptive is to describe the data in the form of comments suggesting improvements from the validator. The results of material validation obtained 3.65 in the valid category, and the results of media validation obtained 3.43 in the valid category. The small group trial obtained an average score of 3.33 in the very interesting category. Based on these results, the LKPD is said to be suitable for use, and the criteria are valid and suitable for students to use. Keyword: LKPD, inquiry, IPAS publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-06-06 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83946/1/ABSTRAK%20-%2043_Syalsala%20Deva%20S_4E.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83946/2/SKRIPSI%20FULL%20-%2043_Syalsala%20Deva%20S_4E.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83946/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%2043_Syalsala%20Deva%20S_4E.pdf identifier: SYAL, SALADEVA SETIANINGRUM (2024) PENGEMBANGAN LKPD IPAS BERBASIS INKUIRI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/83946/