TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints83948 UR - http://digilib.unila.ac.id/83948/ A1 - NURUL , WIDYA LESTARI Y1 - 2024/06/03/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki resiliensi rendah dalam menyusun skripsi di program studi Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat resiliensi dalam menyusun skripsi pada mahasiswa akhir bimbingan dan konseling Universitas Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala resiliensi dalam menyusun skripsi pada mahasiswa akhir Bimbingan dan Konseling yang. Teknik pengambilan sampel dalam penilitian adalah total sampling dengan jumlah 82 mahasiswa akhir bimbingan dan konseling angkatan 2017, 2018 dan 2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat resiliensi masuk dalam kategori rendah, dengan tingkat presentase 59%. Dengan demikian, mahasiswa yang memiliki resiliensi rendah cenderung akan menganggap menyusun skripsi adalah suatu masalah yang berat, dan sebaliknya mahasiswa yang memiliki resiliensi yang tinggi akan menganggap menyusun skripsi adalah sebuah tantangan yang harus dijalani. Kata kunci : resiliensi, menyusun skripsi, mahasiswa akhir. ABSTRACT ANALYSIS OF RESILIENCE IN PREPARING A THESIS FOR FINAL GUIDANCE AND COUNSELING STUDENTS OF LAMPUNG UNIVERSITY By NURUL WIDYA LESTARI The problem in this research is students who have low resilience in writing their theses in the Guidance and Counseling study program. This research aims to determine and analyze the level of resilience in preparing theses for final guidance and counseling students at the University of Lampung. The method used in this research is descriptive with a quantitative approach. Data collection in this research used a resilience scale in preparing theses for final Guidance and Counseling students. The sampling technique in the research was total sampling with a total of 82 final guidance and counseling students from the 2017, 2018 and 2019 classes. The results of this research show that the level of resilience is in the low category, with a percentage level of 59%. Thus, students who have low resilience tend to think that writing a thesis is a difficult problem, and conversely, students who have high resilience will think that writing a thesis is a challenge that must be undertaken. Keywords: resilience, writing a thesis, final students. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - ANALISIS RESILIENSI DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA AKHIR BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS LAMPUNG AV - restricted ER -