?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2118011031&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=HUBUNGAN+KETERLIBATAN+DALAM+PEMBELAJARAN+TERHADAP%0D%0AKEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+PADA+MAHASISWA+PROGRAM%0D%0ASTUDI+PENDIDIKAN+DOKTER&rft.creator=RINI%2C+KRISTIANI&rft.subject=610+Ilmu+kedokteran%2C+ilmu+pengobatan+dan+ilmu+kesehatan&rft.description=Latar+belakang%3A+Keterlibatan+dalam+pembelajaran+merupakan+upaya+dan+waktu%0D%0Ayang+dikeluarkan+untuk+dapat+terlibat+dan+termotivasi+dalam+pembelajaran+untuk%0D%0Amendapatkan+pengetahuan+dan+keterampilan+baru.+Keterlibatan+ini+merupakan%0D%0Akomponen+esensial+dalam+pembelajaran+aktif+yang+diharapkan+dapat%0D%0Ameningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk%0D%0Amengetahui+hubungan+keterlibatan+dalam+pembelajaran+terhadap+kemampuan%0D%0Aberpikir+kritis+pada+mahasiswa+Program+Studi+Pendidikan+Dokter.%0D%0AMetode%3A+Desain+penelitian+ini+adalah+deskriptif+analitik+dengan+pendekatan+crosssectional+dengan+pengambilan+sampel+menggunakan+teknik+total+sampling+pada%0D%0Amahasiswa+tahun+ketiga+Program+Studi+Pendidikan+Dokter%2C+sejumlah+208%0D%0Amahasiswa+menjadi+responden+setelah+penyesuaian+kriteria+inklusi+dan+ekslusi.%0D%0APenelitian+dilakukan+di+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung+pada+bulan%0D%0AOktober-November+2024.+Data+dikumpulkan+menggunakan+kuesioner+University%0D%0AStudent+Engagament+Inventory+(USEI)+untuk+mengukur+tingkat+keterlibatan+dalam%0D%0Apembelajaran+dan+Critical+Thinking+Disposition+Assessment+(CTDA)+kemampuan%0D%0Aberpikir+kritis+pada+mahasiswa%2C+kemudian+dilakukan+analisis+statistik+yaitu+analisis%0D%0Aunivariat+dan+bivariat.%0D%0AHasil%3A+Hasil+analisis+menunjukkan+bahwa+tingkat+keterlibatan+dalam+pembelajaran%0D%0Apada+mahasiswa+angkatan+2022+paling+banyak+pada+kategori+sedang+sejumlah+164%0D%0Amahasiswa+(78%2C8%25)%2C+dan+tingkat+kemampuan+berpikir+kritis+sebagian+besar+pada%0D%0Akategori+sedang+sejumlah+121+mahasiswa(58%2C2%25).+Terdapat+hubungan+yang%0D%0Asignifikan+pada+keterlibatan+dalam+pembelajaran+terhadap+kemampuan+berpikir%0D%0Akritis+(p+%3C+0%2C05).%0D%0ASimpulan%3A+Tingkat+keterlibatan+dalam+pembelajaran+dan+kemampuan+berpikir%0D%0Akritis+pada+mahasiswa+angkatan+2022+atau+tahun+ketiga+paling+banyak+berada+pada%0D%0Akategori+sedang.+Terdapat+hubungan+yang+signifikan+keterlibatan+dalam%0D%0Apembelajaran+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis.%0D%0AKata+kunci%3A+Critical+Thinking+Disposition+Assessment+(CTDA)%2C+keterlibatan%0D%0Amahasiswa%2C+University+Student+Engagement+Inventory+(USEI).&rft.publisher=FAKULTAS+KEDOKTERAN&rft.date=2025-02-03&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83960%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83960%2F2%2FFILE%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83960%2F3%2FFILE%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++RINI%2C+KRISTIANI++(2025)+HUBUNGAN+KETERLIBATAN+DALAM+PEMBELAJARAN+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+PADA+MAHASISWA+PROGRAM+STUDI+PENDIDIKAN+DOKTER.++FAKULTAS+KEDOKTERAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83960%2F