<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER"^^ . "Latar belakang: Keterlibatan dalam pembelajaran merupakan upaya dan waktu\r\nyang dikeluarkan untuk dapat terlibat dan termotivasi dalam pembelajaran untuk\r\nmendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru. Keterlibatan ini merupakan\r\nkomponen esensial dalam pembelajaran aktif yang diharapkan dapat\r\nmeningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk\r\nmengetahui hubungan keterlibatan dalam pembelajaran terhadap kemampuan\r\nberpikir kritis pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter.\r\nMetode: Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan crosssectional dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling pada\r\nmahasiswa tahun ketiga Program Studi Pendidikan Dokter, sejumlah 208\r\nmahasiswa menjadi responden setelah penyesuaian kriteria inklusi dan ekslusi.\r\nPenelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung pada bulan\r\nOktober-November 2024. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner University\r\nStudent Engagament Inventory (USEI) untuk mengukur tingkat keterlibatan dalam\r\npembelajaran dan Critical Thinking Disposition Assessment (CTDA) kemampuan\r\nberpikir kritis pada mahasiswa, kemudian dilakukan analisis statistik yaitu analisis\r\nunivariat dan bivariat.\r\nHasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan dalam pembelajaran\r\npada mahasiswa angkatan 2022 paling banyak pada kategori sedang sejumlah 164\r\nmahasiswa (78,8%), dan tingkat kemampuan berpikir kritis sebagian besar pada\r\nkategori sedang sejumlah 121 mahasiswa(58,2%). Terdapat hubungan yang\r\nsignifikan pada keterlibatan dalam pembelajaran terhadap kemampuan berpikir\r\nkritis (p < 0,05).\r\nSimpulan: Tingkat keterlibatan dalam pembelajaran dan kemampuan berpikir\r\nkritis pada mahasiswa angkatan 2022 atau tahun ketiga paling banyak berada pada\r\nkategori sedang. Terdapat hubungan yang signifikan keterlibatan dalam\r\npembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis.\r\nKata kunci: Critical Thinking Disposition Assessment (CTDA), keterlibatan\r\nmahasiswa, University Student Engagement Inventory (USEI)."^^ . "2025-02-03" . . . . . "FAKULTAS KEDOKTERAN"^^ . . . . . . . "KRISTIANI"^^ . "RINI"^^ . "KRISTIANI RINI"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (File PDF)"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (File PDF)"^^ . . . "FILE SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM\r\nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #83960 \n\nHUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP \nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM \nSTUDI PENDIDIKAN DOKTER\n\n" . "text/html" . . . "610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan" . .