TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints83960 UR - http://digilib.unila.ac.id/83960/ A1 - RINI, KRISTIANI Y1 - 2025/02/03/ N2 - Latar belakang: Keterlibatan dalam pembelajaran merupakan upaya dan waktu yang dikeluarkan untuk dapat terlibat dan termotivasi dalam pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru. Keterlibatan ini merupakan komponen esensial dalam pembelajaran aktif yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterlibatan dalam pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter. Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan crosssectional dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling pada mahasiswa tahun ketiga Program Studi Pendidikan Dokter, sejumlah 208 mahasiswa menjadi responden setelah penyesuaian kriteria inklusi dan ekslusi. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung pada bulan Oktober-November 2024. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner University Student Engagament Inventory (USEI) untuk mengukur tingkat keterlibatan dalam pembelajaran dan Critical Thinking Disposition Assessment (CTDA) kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa, kemudian dilakukan analisis statistik yaitu analisis univariat dan bivariat. Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan dalam pembelajaran pada mahasiswa angkatan 2022 paling banyak pada kategori sedang sejumlah 164 mahasiswa (78,8%), dan tingkat kemampuan berpikir kritis sebagian besar pada kategori sedang sejumlah 121 mahasiswa(58,2%). Terdapat hubungan yang signifikan pada keterlibatan dalam pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis (p < 0,05). Simpulan: Tingkat keterlibatan dalam pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa angkatan 2022 atau tahun ketiga paling banyak berada pada kategori sedang. Terdapat hubungan yang signifikan keterlibatan dalam pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: Critical Thinking Disposition Assessment (CTDA), keterlibatan mahasiswa, University Student Engagement Inventory (USEI). PB - FAKULTAS KEDOKTERAN TI - HUBUNGAN KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER AV - restricted ER -