%0 Generic %A ILHAM, RAMADHAN %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:83979 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 2 RAMA GUNAWAN %U http://digilib.unila.ac.id/83979/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pesawat sederhana kelas V SD Negeri 2 Rama Gunawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pesawat sederhana. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain non- equivalent control group design. Populasi berjumlah 38 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan yakni instrumen tes berupa soal tes uraian materi pesawat sederhana dan instrumen nontes berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pesawat sederhana kelas V SD Negeri 2 Rama Gunawan dengan Fhitung>Ftabel serta terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori “Sedang”. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, pesawat sederhana.