%A Pratiwi Ajeng %T PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN INTRAPERSONAL " KONSEP DIRI POSITIF " PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG %X Keterampilan Intrapersonal sangat dibutuhkan dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Namun, belum tersedianya modul yang komunikatif dalam meningkatkan keterampilan intrapersonal pada mahasiswa semester akhir sehingga diperlukan pengembangan modul yang dapat meningkatkan keterampilan intrapersonal dengan terfokus pada konsep diri positif yang dapat digunakan secara mandiri maupun kelompok. Pengembangan modul keterampilan konsep diri positif pada mahasiswa tingkat akhir di FKIP UNILA meliputi mengenal diri, percaya diri, visi dan goals setting. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul dalam meningkatkan keterampilan intrapersonal ?konsep diri positif? pada mahasiswa tingkat akhir. Metode yang digunakan yaitu ADDIE (analysis, design, development, implementation and evalution. Subjek penelitian yang digunakan 15 mahasiswa pada semester 6-8 dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu, penyebaran kuisioner dan validasi modul. Hasil penelitian validasi ahli materi diperoleh nilai keseluruhan rata-rata = 0.73 ; ? 0.67. Pada penilaian dari ahli media diperoleh keseluruhan rata-rata nilai = 0.87 ; 0.83 < ? 0.92. Sedangkan pada hasil kuisioner respon mahasiswa diperoleh nilai presentasi 73,75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul keterampilan intrapersonal konsep diri positif dapat menjadi sarana pembelajaran yang komunikatif untuk meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa. Kata kunci : modul, konsep diri, kesiapan kerja Intrapersonal skills are really needed in facing the competitive world of work. However, there are no communicative modules available to improve intrapersonal skills in final semester students, so it is necessary to develop modules that can improve intrapersonal skills by focusing on positive self-concept that can be used independently or in groups. Development of a positive self- concept skills module for final year students at FKIP UNILA including knowing yourself, self-confidence, vision and goal setting. The aim of this research is to develop a module to improve the intrapersonal skills of "positive self-concept" in final year students. The method used is ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation. The research subjects used were 15 students in semesters 6-8 selected using a purposive sampling technique. The data collection technique was, distribution of questionnaires and module validation. The results of the material expert validation research were obtained The overall average value is v = 0.73 ; v ? 0.67. In the assessment from media experts, the overall average value of v = 0.87 ; 0.83 < v ? 0.92. Meanwhile, in the results of the student response questionnaire, the presentation value was 73.75%. Based on the results It can be concluded that the positive self-concept intrapersonal skills module can be a communicative learning tool to increase student work readiness. Keywords : module, self concept, employability skill. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints83984