TY - THES ID - eprints83990 UR - http://digilib.unila.ac.id/83990/ A1 - Martauli , Aritonang Y1 - 2024/03/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPAS berbasis Discovery Learning yang valid dan efektif meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahapan. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Lempuyang Bandar. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah 30 peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji Effect Size dengan nilai Cohen?s d. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dan kelas kontrol meunjukan nilai Cohen?s d sebesar 0.83 dengan intepretasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPAS berbasis Discovery Learning valid dan efektif untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Modul, Discovery Learning This study aims to develop a valid and effective Discovery Learning-based IPAS module to improve students' critical thinking. This type of research is Research and Development (R&D) Borg and Gall which is simplified into 3 stages. This research was conducted on grade IV students of SD Negeri 5 Lempuyang Bandar. Sampling using random sampling technique with a total of 30 students in the experimental class and control class. The research instrument uses valid and reliable test instruments. The data analysis technique uses the Effect Size test with Cohen's value d. The results of research in the experimental class and control class showed Cohen's d value of 0.83 with high interpretation. Based on the results of this study, it is concluded that the Discovery Learning-based science learning module is valid and effective for improving critical thinking of grade IV elementary school students. Keywords: Critical Thinking, Module, Discovery Learning PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR AV - restricted ER -