@misc{eprints83992,
           month = {Maret},
           title = {PENGARUH DAYA TARIK WISATA, LOKASI DAN PROMOSI
TERHADAP KEPUTUSAN KUNJUNG PADA TAMAN WISATA

LEMBAH HIJAU DI BANDAR LAMPUNG},
          author = { Verischa Putri	 	Mutiara},
         address = {UNIVERSITAS LAMPUNG },
       publisher = {EKONOMI DAN BISNIS },
            year = {2024},
             url = {http://digilib.unila.ac.id/83992/},
        abstract = {Salah satu tempat wisata di Provinsi Lampung yang bernuansa Wisata Alam
adalah Taman Wisata Lembah Hijau. Taman Wisata Lembah Hijau harus mampu
menciptakan daya tarik, lokasi, dan promosi yang unik sehingga memunculkan
peluang minat wisatawan untuk berkunjung. Melihat kondisi saat ini banyaknya
tempat wisata yang ada di Provinsi Lampung sehingga harus berlomba-lomba
menciptakan daya tarik, memotivasi orang-orang untuk berkunjung serta
melakukan promosi yang berbeda dengan tempat wisata lainnya sehingga menarik
pengunjung. Hal ini juga akan memunculkan peluang minat wisata untuk
keputusan berkunjung. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa
pengaruhnya variabel daya tarik wisata, lokasi dan promosi terhadap keputusan
kunjung wisatawan pada Taman Wisata Lembah Hijau di Bandar Lampung.
Adapun teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan
populasi yang dipakai adalah wisatawan yang pernah mengunjungi Taman Wisata
Lembah Hijau. Jumlah sampel dalam penelitian ini 125 responden. Metode
pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling dan dengan
purposive sampling sebagai teknik penentuan sampelnya. Teknik pengujian data
kuisoner yang di uji menggunakan uji reliabilitas dan uji validitas, untuk analisis
data menggunakan regresi linier berganda karena variabel bebas (X) lebih dari
satu. Data di uji dengan menggunakan uji?f (simultan) dan Uji?t (Parsial) dan Uji
determinasi R2 (R Square). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Daya Tarik
(X1) berpengaruh positif terhadap Keputusan Kunjung (Y). Lokasi (X2)
berpengaruh positif terhadap Keputusan Kunjung (Y). Promosi (X3) berpengaruh
positif terhadap Keputusan Kunjung (Y). Daya Tarik, Lokasi dan Promosi secara
simultan berpengaruh kuat terhadap keputusan kunjung di objek wisata Taman
Wisata Lembah Hijau.
Kata Kunci : Daya Tarik Wisata, Lokasi, Promosi, Keputusan Kunjung,
Wisatawan
One of the tourist attractions in the Province of Lampung that has a nuance of
Natural Tourism is the Taman Wisata Lembah Hijau. Taman Wisata Lembah
Hijau tourist park should be able to create unique attractions, locations, and
promotions that create opportunities for tourists to visit. Looking at the current
conditions of many tourist attractions in the Province of Lampung so it has to
race and create attractiveness, motivate people to visit and make promotions
different from other tourist places so that it attracts visitors. It will also generate
opportunities of tourist interest for the decision to visit. The purpose of this
research was to find out how the variables of tourist attractiveness, location and
promotion influenced the decision of tourists to visit the Taman Wisata Lembah
Hijau in Bandar Lampung. As for data capture techniques carried out through the
spread of questionnaires with the population used are tourists who have visited
the Taman Wisata Lembah Hijau. The total sample in this study was 125
respondents. Sampling is done using non probability sampling and purposive
samplings as the method for determining the samples. Testing techniques of the
tested questionnaire data using reliability and validity tests, for data analysis
using double linear regression because of more than one free variable (X). The
results of this research show that Attractiveness (X1) has a positive effect on Visit
Decisions (Y). Location (X2) has a positive effect on Visit Decision (Y). Promotion
(X3) has a positive effect on Visit Decision (Y). Attraction, Location and
Promotion simultaneously have a strong influence on the decision to visit the
Green Valley Tourist Park tourist attraction.
Keywords: Tourist attraction, Location, Promotion, Visit Decision, Tourist}
}