%0 Generic %A Ika Diva, Agustin %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:83996 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI %U http://digilib.unila.ac.id/83996/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas model inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Kimia di SMAN 6 Metro Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Kimia 1 sebagai kelas eksperimen dan XI Kimia 3 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan NonEquivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan berpikir kritis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis peserta didik untuk kelas eksperimen yaitu 0,63 dengan kriteria n-gain berkategori sedang dan dan rata-rata n-gain kelas kontrol yaitu 0,29 dengan kriteria n-gain berkategori rendah. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara kelas eksperimen yang di terapkan model inquiry lesson dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Kata kunci: faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi, inquiry lesson, keterampilan berpikir kritis