TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints84009 UR - http://digilib.unila.ac.id/84009/ A1 - Annisa Purnama, Putri H Y1 - 2025/01/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan efektivitas model flipped learning pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Natar tahun ajaran 2024/2025 yang tersebar dalam dua belas kelas yaitu kelas XI 1 sampai XI 12. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah XI 4 sebagai kelas eksperimen dan XI 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS di kelas eksperimen sebesar 0,57 lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,28. Hasil pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS dengan penerapan model flipped learning pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata n-gain KPS dengan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol pada materi ikatan kimia. Hal ini menunjukkan bahwa model flipped learning pada materi ikatan kimia efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Kata kunci: flipped learning, keterampilan proses sains, ikatan kimia PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS AV - restricted ER -