title: EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI creator: Nurul, Hidayah subject: 370 Pendidikan subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam subject: 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi faktor�faktor yang memengaruhi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi-experimental, dengan desain penelitian non-equivalent pretest�posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI kimia SMA Negeri 06 Metro Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari lima kelas dan berjumlah 149 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI Kimia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kimia 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata (independent sample t-test). Rata-rata n-gain HOTs di kelas eksperimen sebesar 0,68 dengan kriteria sedang, secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 0,20 dengan kriteriai rendah. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Kata kunci: Faktor- faktor yang memengaruhi laju reaksi, inquiry lesson, keterampilan berpikir tingkat tinggi publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-01-21 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/84012/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/84012/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/84012/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Nurul, Hidayah (2025) EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/84012/