%A Hidayah Nurul %T EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi faktor?faktor yang memengaruhi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi-experimental, dengan desain penelitian non-equivalent pretest?posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI kimia SMA Negeri 06 Metro Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari lima kelas dan berjumlah 149 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI Kimia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kimia 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata (independent sample t-test). Rata-rata n-gain HOTs di kelas eksperimen sebesar 0,68 dengan kriteria sedang, secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 0,20 dengan kriteriai rendah. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Kata kunci: Faktor- faktor yang memengaruhi laju reaksi, inquiry lesson, keterampilan berpikir tingkat tinggi %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints84012