@misc{eprints84013, month = {April}, title = {PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XII AKL SMK NEGERI 8 BANDAR.LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024}, author = {Oktavia Tiara }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/84013/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XII AKL SMK Negeri 8 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian deskriptif verifikatif yang menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII AKL SMK Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 100 siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 100 siswa dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan menggunakan metode sampling jenuh. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda dan diolah dengan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai Fhitung = 48,309 dan Ftabel = 2,70 yang berarti nilai Fhitung {\ensuremath{>}} Ftabel dengan kadar determinasi sebesar 0,602 atau 60,2\% dan nilai signifikansi {\ensuremath{<}} {\ensuremath{\alpha}} yaitu 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak sehingga Disiplin Belajar (X1), Motivasi Belajar (X2), dan Fasilitas Belajar (X3) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan (Y) Siswa Kelas XII AKL SMK Negeri 8 Bandar Lampung dan sisanya sebesar 39,8\% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar This research aims to examine the effect of learning discipline, learning motivation, and learning facilities on financial accounting learning lutcomes of class XII students majoring in Financial Accounting and Institutions at SMK N 8 Bandar Lampung. This research was conducted with descriptive verification research using quantitative methods with an ex post facto and survey approach. The population in this research is class XII students majoring in Financial and Accounting Institutions at SMK Negeri 8 Bandar Lampung academic year 2023/2024 with a total of 100 students. The sample size in this research is 100 students with nonprobability sampling technique using saturated sampling method. Data collection in this research uses observation, questionnaires/surveys, and documentation. The data analysis used is simple linear regression and multiple linear regression and processed with the SPSS application. Based on the results of data processing, the value of Fcount = 48,309 and Ftable = 2,70 is obtained, which means that the value of Fcount {\ensuremath{>}} Ftable with a determination level of 0,602 or 60,2\% and a significance value {\ensuremath{<}} {\ensuremath{\alpha}}, that is 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, which means H1 is accepted and H0 is rejected so that Learning Discipline (X1), Learning Motivation (X2), and Learning Facilities (X3) have a simultaneous and significant effect on Financial Accounting Learning Outcomes (Y) Class XII AKL Students of SMK Negeri 8 Bandar Lampung and the remaining 39.8\% is affected by other variables not discussed in this research. Keywords : Learning Discipline, Learning Motivation, Learning Facilities, Learning Outcomes} }