%0 Generic %A 1013108021, Musodik %D 2012 %F eprints:8402 %T PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK DASAR SERVIS PADA SEPAK TAKRAW MELALUI MODIFIKASI PADA SISWA KELAS V SD N 2 KEBAGUSAN GEDONGTATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/8402/ %X Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan menggunakan 2 siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa, dengan jumlah 17 laki-laki dan 12 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan tes gerak dasar servis dalam sepak takraw. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar servis dalam sepak takraw melalui modifikasi alat bantu pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Kebagusan Gedongtataan, dengan penggunaan modifikasi dan alat bantu berupa bola dari kertas diisi busa, bola rotan dan ketinggian net 135 cm, dan 145 cm. Hasil penelitian menunjukkan: pada temuan awal hanya mencapai ketuntasan tidak ada yang tuntas dari 29 siswa hal ini berarti masih rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan gerak dasar Servis dalam sepak takraw. Pada siklus pertama dengan penggunaan modifikasi bola dari kertas dan busa dan ketinggian net 135 cm diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar meningkat menjadi 44,8 %, sedangkan prosentase ketuntasan belajar klasikal 80% itu berarti tindakan belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus kedua dengan penggunaan alat bantu modifikasi bola rotan dan ketinggian net 145 cm diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 89,7 %, sedangkan prosentase ketuntasan belajar klasikal 80% itu berarti tindakan sudah memenuhi ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian disimpulkan Pembelajaran gerak dasar servis dalam sepak takraw dengan menggunakan alat bantu modifikasi dapat memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar servis dalam sepak takraw pada siswa-siswi kelas VI SD Negeri 2 Kebagusan Gedongtataan.