%A - NURKHOIRIAH %T PENGARUH EFIKASI DIRI, PRAKTIK MICROTEACHING, PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, praktik microteaching, pengenalan lapangan persekolahan (PLP) terhadap kesiapan mengajar mahasiswa pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan survey dan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 169 mahasiswa dengan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Multipel dan diolah dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri, praktik microteaching, dan pengenalan lapangan persekolahan (PLP) terhadap kesiapan mengajar mahasiswa pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung dengan kadar determinasi sebesar 0,236 atau 23,6% kesiapan mengajar dipengaruhi efikasi diri, praktik microteaching, dan pengenalan lapangan persekolahan (PLP). Kemudian 76,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus pada penelitian ini. Kata Kunci: Kesiapan mengajar, Efikasi Diri, Praktik Microteaching, Pengenalan Lapangan Persekolahan This study aims to determine the influence of self-efficacy, microteaching practices, and introduction to the school field (PLP) on the teaching readiness of Social Studies Education students at the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Lampung University. The research method used in this study is descriptive-verification method with a survey and ex post facto approach. The population in this study is all Social Studies Education students of FKIP, Lampung University, batch 2020. The sample used in this study consisted of 169 students selected through probability sampling using simple random sampling technique. Data collection in this study was conducted through observation, questionnaires/surveys, and documentation. The data analysis used were Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression and processed using SPSS application. The results of this study indicate that there is an influence of self-efficacy, microteaching practices, and introduction to the school field (PLP) on the teaching readiness of Social Studies Education students at FKIP, Lampung University, with a determination coefficient of 0.236 or 23.6% teaching readiness influenced by self-efficacy, microteaching practices, and introduction to the school field (PLP). The remaining 76.4% is influenced by other variables that are not the focus of this study. Keywords: Teaching readiness, Self-Efficacy, Microteaching Practices, Introduction to School Field %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints84030