@misc{eprints84035, month = {Maret}, title = {PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR}, author = {Merinda Latia }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/84035/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model discovery learning terhadap peningkatan berpikir kritis siswa kelas X ditinjau dari gaya belajar. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X6 dan X8 SMA Negeri 1 Padang Cermin tahun ajaran 2023/2024. Peneliltian ini menggunakan eksperimen semu dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes essay. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, uji paired sample t-test, dan uji one way anova. Hasil penelitian ini menunjukan ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan dengan taraf kepercayaan 95\% pada masing-masing gaya belajar siswa. Selain itu nilai N-Gain menunjukkan tidak ada perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan gaya belajar visual, kinestetik, dan auditorial. Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar, Berpikir Kritis, Pemanasan Global, Discovery Learning } }