%A Yuliana Dewi Via %T STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN INQUIRY DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS XI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan perbedaan gaya belajar siswa, serta kurangnya penerapan model pembelajaran dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran Inquiry, serta perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan komparatif dan desain faktorial 2x2, melibatkan 68 siswa melalui teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan eksperimen. Hipotesis diuji menggunakan Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar ekonomi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Sahre (TPS) dan model pembelajaran Inquiry. Pada Penelitian ini, tidak ditemukan perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik, serta tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Rata-rata hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual lebih rendah pada kedua model pembelajaran dibandingkan dengan gaya belajar kinestetik. Kata Kunci: Gaya Belajar Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, Inquiry, Think Pair Share (TPS). %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints84062