%A Anin Dita Putri Nadira %T PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 METRO %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar, disiplin belajar dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah sebanyak 102 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 82 orang dengan teknik pengambilan sampel probability sampling menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Multipel dan diolah dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan belajar, disiplin belajar, dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar ekonomi siswa dengan kadar determinasi sebesar 0,429. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Kegiatan Ekstrakurikuler. This research aims to determine the influence of tutoring, learning discipline and extracurricular activities on the economic learning outcomes of class XI IPS students at SMA Negeri 2 Metro. The population in this study were all students in class XI IPS at SMA Negeri 2 Metro for the 2023/2024 academic year with a total of 102 students. The number of samples in this research was 82 people with a probability sampling technique using the simple random sampling method. The data collection techniques used in this research are observation, interviews, questionnaires, and documentation. The data analysis used was Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression and was processed using the SPSS application. The results of this research show that there is an influence of tutoring, learning discipline, and extracurricular activities on students' economic learning outcomes with a determination level of 0.429. Keywords : Study Tutoring, Learning Discipline, Learning Results, Extracurricular Activities. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints84075