<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN"^^ . "Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam berpikir\r\nsimbolik belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh\r\npembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics)\r\nberbantuan media realia terhadap kemampuan berpikir simbolik anak di kelas B\r\n(usia 5-6 tahun) TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tambah Dadi. Penelitian ini\r\nmerupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment dengan desain\r\nNonequavalent yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi\r\ndalam penelitian ini sebanyak 30 anak, sedangkan sampel berasal dari kelas TK B1\r\n(usia 5-6 tahun) yang berjumlah 15 anak sebagai kelas eksperimen. Teknik\r\npengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan\r\nteknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa\r\nobservasi dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji\r\nMann Whitney. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai Asymp.Sig sebesar\r\n0,001 < 0,05 maka Ha diterima, atau terdapat pengaruh positif antara pembelajaran\r\nSTEAM berbantuan media realia terhadap kemampuan mengenal berpikir simbolik\r\nanak usia 5-6 tahun kelas B TK Bustanul Athfal Tambah Dadi.\r\nKata kunci: pembelajaran STEAM, media realia, berpikir simbolik\r\n\r\nThe problem in this study is that the ability of children aged 5-6 years in symbolic\r\nthinking is not optimal. This study aims to determine the effect of STEAM (Science,\r\nTechnology, Engineering, Art and Mathematics) learning assisted by realia media\r\non the symbolic thinking skills of children in grade B (aged 5-6 years) TK Aisyiyah\r\n\r\nBustanul Athfal Tambah Dadi. This research is a quantitative research with Quasi-\r\nExperimental method with Nonequavalent design using experimental class and\r\n\r\ncontrol class. The population in this study was 30 children, while the sample came\r\nfrom kindergarten class B1 (aged 5-6 years) which amounted to 15 children as an\r\nexperimental class. The sampling technique used in this study was using purposive\r\nsampling techniques. Data collection techniques used in the form of observations\r\nand documents. The data analysis technique uses the N-Gain test and the Mann\r\nWhitney test. The results of the Mann Whitney test showed an Asymp.Sig value of\r\n0.001 < 0.05 then Ha was accepted, or there was a positive influence between realia\r\nmedia-assisted STEAM learning on the ability to recognize symbolic thinking for\r\nchildren aged 5-6 years old grade B of Bustanul Athfal Kindergarten Tambah Dadi.\r\nKeywords: STEAM learning, realia media, symbolic thinking"^^ . "2024-07-02" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "NUR HAZIZAH"^^ . "ALISA"^^ . "NUR HAZIZAH ALISA"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (File PDF)"^^ . . . "Skripsi Abstrak_Alisa Nur Hazizah_2013054009 - Alisa Nur Hazizah.pdf"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (File PDF)"^^ . . . "Skripsi Tanpa Bab Pembahasan dan Tanpa Lampiran Isi_Alisa Nur Hazizah_2013054009 - Alisa Nur Hazizah.pdf"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN\r\nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR\r\n\r\nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #84076 \n\nPENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, \nENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) BERBANTUAN \nMEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR \n \nSIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "372 Pendidikan dasar" . .