@misc{eprints84085, month = {Mei}, title = {PENGARUH TEMAN SEBAYA, TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 PULAU PANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024}, author = {KHOIRIYAH ALFINA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/84085/}, abstract = {Penelitian ini membahas tentang hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS yang rendah, yang di mana hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya, tingkat pendapatan orang tua, dan gaya belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pulau Panggung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner., dokumentasi, dan observasi. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan melalui uji t dan secara simultan dilakukan melalui uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh baik secara parsial atau simultan antara teman sebaya, tingkat pendapatan orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pulau panggung. Secara parsial variabel teman sebaya memengaruhi hasil belajar sebesar 50,9\%, tingkat pendapatan orang tua sebesar 29,7\% dan gaya belajar sebesar 38,5\%. Sedangkan variabel teman sebaya, tingkat pendapatan orang tua dan gaya belajar bersama-sama memengaruhi hasil belajar sebesar 48,3\%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X yang diteliti semuanya berpengaruh terhadap variabel Y yaitu hasil belajar. Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Teman Sebaya, Tingkat Pendapatan Orang Tua This research discusses the low economic learning outcomes of class XI IPS students, where these learning outcomes are influenced by internal and external factors. This study aims to determine the effect of peers, parents' income level, and learning styles on the learning outcomes of economic subjects of students in class XI IPS SMA Negeri 1 Pulau Panggung. This research uses descriptive verification research method with ex post facto and survey approach. The population of this study were all students of class XI IPS SMA Negeri 1 Pulau Panggung with a total of 59 students. The sampling technique in this study was non probability sampling using saturated sampling technique. Data collection techniques were carried out through questionnaire methods, documentation, and observation. Hypothesis testing is partially done through the t test and simultaneously done through the F test. The results showed that there was an influence either partially or simultaneously between peers, parents' income level and learning style on the learning outcomes of economic subjects of students in class XI IPS SMA Negeri 1 Pulau panggung. Partially, peer variables affect learning outcomes by 50.9\%, parental income levels by 29.7\% and learning styles by 38.5\%. While peer variables, parents' income level and learning style together affect learning outcomes by 48.3\%. So it can be consluded all influence the Y vaiable, namely learning outcomes. Key words : Learning Style, Learning Outcomes, Peers, Parents' Income Level } }