%0 Generic %A AYUDIA , LINTANG RANUMASARI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84086 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD STEM DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD NEGERI 1 PAJARESUK KABUPATEN PRINGSEWU %U http://digilib.unila.ac.id/84086/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan jenis nonequivalent control group design yaitu penelitian yang menggunakan dua kelas: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan kelas IV B dengan jumlah masing-masing 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dengan Fhitung 43,502 > 4,20 Ftabel, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SD Negeri 1 Pajaresuk Kabupaten Pringsewu. Kata kunci: IPAS, keterampilan berpikir kritis, LKPD, SD kelas IV, STEM ABSTRACT THE EFFECT OF USING STEM-BASED E-LKPD IN SCIENCE AND SOCIAL STUDIES TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILL STUDENTS OF SD NEGERI 1 PAJARESUK KABUPATEN PRINGSEWU By AYUDIA LINTANG RANUMASARI This research examines the significant effect of using Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)-based Electronic-Students' Worksheets (E- LKPD) on students' critical thinking skills. This type of research is quantitative research with an experimental approach. The research design used is quasi- experimental, with a nonequivalent control group design. The population of this study were all students of SD Negeri 1 Pajaresuk Pringsewu Regency, totalling 311 students. This study's sample was students from classes IV A and IV B, with 30 students each. Two activities are carried out to determine the success of this learning, namely through pre-test and post-test data analysis. Data collection techniques using test and non-test techniques. The results of data analysis using a simple linear regression test with Fcount 43.502 > 4.20 Ftable, Ho is rejected, and Ha is accepted, meaning there is a significant effect. The results showed that there was a significant effect of the use of Electronic-Student Worksheets (E-LKPD) based on Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) on the critical thinking skills of students of SD Negeri 1 Pajaresuk Pringsewu Regency. Key words: critical thinking skill, fourth grade elementary school, natural and social science, STEM, student worksheets