@misc{eprints84142, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI}, author = {Melinda Alvira}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/84142/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Kimia SMAN 6 Metro Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel penelitian kelas XI Kimia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kimia 3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Desain pada penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan proses sains peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 0,7 dengan kriteria ?tinggi?, sedangkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,43 dengan kriteria ?sedang?. Hasil analisis data me- nunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain keterampilan proses sains yang signifikan antara kelas eksperimen yang diterapkan model inquiry lesson dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjuk- kan bahwa model inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Kata kunci: inquiry lesson, keterampilan proses sains, laju reaksi} }