%0 Generic %A Alvira, Melinda %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84142 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI %U http://digilib.unila.ac.id/84142/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Kimia SMAN 6 Metro Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel penelitian kelas XI Kimia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kimia 3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Desain pada penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan proses sains peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 0,7 dengan kriteria “tinggi”, sedangkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,43 dengan kriteria “sedang”. Hasil analisis data me- nunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain keterampilan proses sains yang signifikan antara kelas eksperimen yang diterapkan model inquiry lesson dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjuk- kan bahwa model inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Kata kunci: inquiry lesson, keterampilan proses sains, laju reaksi