%0 Generic %A Ika , Thalia Pratiwi %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84147 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TWO TIER BERBASIS GOOGLE FORM UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ENERGI DAN BENTUK-BENTUK ENERGI %U http://digilib.unila.ac.id/84147/ %X Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik two tier berbasis google form untuk mengukur miskonsepsi siswa pada materi energi dan bentuk-bentuk energi yang valid dan reliabel. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahapan pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli pendidikan fisika dan satu guru mata pelajaran fisika untuk menilai aspek konstruk, materi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen tes diagnostik two tier memiliki hasil sebesar 87,7% dinyatakan sangat valid. Instrumen tes diagnostik two tier berbasis google form untuk mengukur miskonsepsi siswa diujicobakan kepada 30 siswa dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 5.6.2. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 20 butir soal instrumen tes diagnostik two tier untuk mengukur miskonsepsi siswa valid. Soal-soal pada instrumen tes diagnostik two tier untuk mengukur miskonsepsi siswa dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,66 dengan kategori cukup. Produk akhir dari instrumen yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid dan reliabel. Kata kunci: Instrumen tes, miskonsepsi, google form, energi