%0 Generic %A Mei, Guna Cikita Pilagis %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:84153 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI BIOTEKNOLOGI DI MTS MAMBA’UL ULUM %U http://digilib.unila.ac.id/84153/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi bioteknologi di MTs Mamba′ul Ulum. Sampel pada penelitian ditetapkan dengan ini menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 35 peserta didik dari kelas IXB sebagai kelas eksperimen dan 36 peserta didik dari kelas IXC sebagai kelas kontrol. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain yang digunakan non equivalent control group design. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif hasil pretest dan posttest soal bentuk essay serta data kualitatif hasil angket tanggapan peserta didik. Data dianalisis dengan menggunkan uji independent sample t test. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 ˂ 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hasil tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kedua kelas. Hasil angket tanggapan peserta didik juga menunjukkan respon dengan kategori baik dengan rata- rata 70,5%. Dengan demikian, model PjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Bioteknologi di MTs Mamba′ul Ulum. Kata kunci: berpikir kritis, model PjBL, bioteknologi