title: ANALISIS GERAK FILM TARI MARHALAH creator: LISTIA , AYU ANJANI subject: 370 Pendidikan subject: 700 Seni, seni rupa, kesenian description: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gerak melalui bentuk gerak, teknik gerak, gaya gerak dan isi film tari Marhalah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan koreografi Bentuk-Teknik-Isi oleh Y. Sumandiyo Hadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi melalui komunitas DianArza Arts Laboratory, wawancara terhadap Dian Anggraini, Putra Agung serta Parama Nawayoga dan dokumentasi yang berbentuk tangkapan layar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerak pada film tari Marhalah sangat dominan, kehadiran gerak film tari Marhalah menggabungkan unsur sinematografi yang didominasi oleh pengambilan gambar eye level, ukuran gambar full shoot, gerakan kamera still dari keutuhan gerak kepala. Prinsip variasi gerak minim. Prinsip pengulangan pada masing-masing gerak dilakukan dengan durasi waktu yang berbeda- beda. Transisi gerak didominasi gerak berputar. Prinsip rangkaian keseluruhan terdapat pada ragam gerak dari awal hingga akhir. Prinsip klimaks terdapat pada ragam gerak 3l, 3m dan 3n. Teknik bentuk gerak didominasi dengan kekuatan, tidak memiliki teknik medium tetapi memiliki teknik instrument yang lengkap dan berbeda disetiap gerakan. Gaya gerak didominasi unsur garis lengkung dan dilakukan dengan gerak mengalir. Aspek isi gerak perlu diperhatikan dengan kesesuaian pesan yang disampaikan dan digabungkan dengan sinematografi yang menunjang. Kata Kunci : analisis, gerak, film tari marhalah. This research aims to analyze movement through the forms of movement, movement techniques, movement styles, and the content of the dance film "Marhalah." The type of research is descriptive qualitative, using the Form-Technique-Content choreography approach by Y. Sumandiyo Hadi. Data collection techniques in this study include observations within the DianArza Arts Laboratory community, interviews with Dian Anggraini, Putra Agung, and Parama Nawayoga, as well as documentation in the form of screenshots. The findings indicate that movement in the dance film "Marhalah" is highly dominant. The presence of movement in the film combines cinematographic elements, characterized by eye-level shots, full-shot framing, and still camera movements that correspond to the overall motion of the head. The principle of movement variation is minimal. The principle of repetition for each movement is executed with varying durations. Transition movements are predominantly characterized by rotational motion. The overall sequence principle is evident in the variety of movements from beginning to end. The climax principle is present in the movements categorized as 3l, 3m, and 3n. The technique of movement forms is dominated by strength, lacking medium techniques but featuring a complete and distinct instrumental technique for each movement. The movement style is primarily defined by curvilinear elements and is executed with flowing motions. The content aspect of movement requires attention to ensure that the conveyed message aligns with the supporting cinematographic elements. Keywords : analysis, movement, dance film marhalah. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-08-07 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/84179/1/ABSTRAK%20-%20Ayu%20Anjani.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/84179/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Ayu%20Anjani.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/84179/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN%20-%20Ayu%20Anjani.pdf identifier: LISTIA , AYU ANJANI (2024) ANALISIS GERAK FILM TARI MARHALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/84179/