?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1913024056&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTU+MODUL+%0D%0ADIGITAL+TERHADAP+KEMAMPUAN+LITERASI+SAINS+PESERTA+DIDIK+%0D%0APADA+MATERI+PENCEMARAN+LINGKUNGAN&rft.creator=AJENG%2C+AMBAR+KUSUMA&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menganalisis+pengaruh+model+Problem+Based+%0D%0ALearning+berbantu+modul+digital+terhadap+kemampuan+literasi+sains+peserta+%0D%0Adidik+pada+materi+pencemaran+lingkungan.+Penelitian+dilaksanakan+pada+%0D%0Asemester+ganjil+di+SMP+Negeri+1+Natar.+Desain+penelitian+yang+digunakan+%0D%0Ayaitu+quasi+eksperimen+dengan+teknik+Pretest-Posttest+Control+Group+Design.+%0D%0ASampel+diambil+menggunakan+teknik+Purposive+sampling.+Jenis+data+berupa+%0D%0Adata+kuantitatif+dan+kualitatif.+Data+diperoleh+melalui+tes+dan+angket.+Hasil+%0D%0Anilai+pretest-posttest+pada+kelas+eksperimen+yang+menggunakan+model+PBL+%0D%0Amendapat+skor+nilai+N-gain+sebesar+0%2C54+kriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D+dan+diperoleh+hasil+%0D%0Auji+normalitas+N-gain+pada+kelas+eksperimen+sebesar+Sig+0%2C100+%3E+0%2C05+dan+%0D%0Apada+kelas+kontrol+sebesar+Sig+0%2C200+%3E+0%2C05.+Uji+homogenitas+N-gain+sebesar+%0D%0ASig+0%2C443+%3E+0%2C05.+Uji+hipotesis+menggunakan+Independent+Sample+t-test+%0D%0Adidapatkan+nilai+Sig+(2-tailed)+0%2C000+%3C+0%2C05%2C+serta+hasil+uji+Effect+size+sebesar+%0D%0A1%2C603.+Hasil+data+angket+tanggapan+peserta+didik+terhadap+model+PBL+%0D%0Aberbantu+modul+digital+interaktif+sebesar+93%2C1%25.+Berdasarkan+hasil+tersebut%2C+%0D%0Adapat+disimpulkan+bahwa+terdapat+pengaruh+yang+signifikan+model+PBL+%0D%0Aberbantu+modul+digital+interaktif+terhadap+kemampuan+literasi+sains+peserta+%0D%0Adidik+pada+materi+pencemaran+lingkungan.&rft.publisher=FKIP&rft.date=2025-01-30&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84191%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84191%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84191%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++AJENG%2C+AMBAR+KUSUMA++(2025)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTU+MODUL+DIGITAL+TERHADAP+KEMAMPUAN+LITERASI+SAINS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+PENCEMARAN+LINGKUNGAN.++FKIP%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84191%2F