%0 Generic %A ENI, SEVIA SARI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:84204 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGALAMAN BELAJAR TATA RIAS SEBAGAI ACUAN WIRAUSAHA MUA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2020 %U http://digilib.unila.ac.id/84204/ %X Penelitian ini mendeskripsikan pengalaman belajar tata rias mahasiswa Pendidikan Tari angkatan 20 Universitas Lampung yang dapat mempengaruhi motivasi mereka dalam memulai usaha Make-Up Artist (MUA). Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dosen pengampu tata rias dan mahasiswa Pendidikan Tari 20. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, pengalaman belajar dalam mata kuliah tata rias berkontribusi besar dalam membentuk keterampilan teknis serta mendorong motivasi untuk membuka jasa MUA. Dengan mengacu pada teori pembelajaran eksperiensial Kolb, 32% mahasiswa yang mengalami tahapan keterampilan melalui praktik langsung (pengalaman konkret), mengevaluasi hasil riasan (observasi reflektif), mencari teori dan referensi tambahan (konseptualisasi abstrak), serta menguji teknik baru melalui latihan (eksperimen aktif), mampu mengembangkan keterampilan secara bertahap untuk menjadi lebih profesional yang menumbuhkan motivasi serta kepercayaan diri terhadap pengalaman yang dimiliki, sehingga siap untuk membuka jasa MUA. Hal tersebut, didukung dengan berbagai faktor-faktor yang mendorong keputusan dalam membuka jasa MUA, yaitu faktor internal seperti perasaan senang, harga diri, pendapatan dan faktor eksternal seperti dukungan keluarga, lingkungan, pendidikan serta peluang pasar. Kata kunci: Belajar, Experiential Learning, Wirausaha MUA