?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTUAN%0D%0ALABORATORIUM+VIRTUAL+TERHADAP+KEMAMPUAN%0D%0APROBLEM+SOLVING+PESERTA+DIDIK&rft.creator=FIFI+%2C+SALIA+PUTRI&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=530+Fisika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+PBL+berbantuan%0D%0Alaboratorium+virtual+terhadap+kemampuan+problem+solving+peserta+didik.%0D%0APenelitian+ini+dilaksanakan+di+SMA+Negeri+1+Natar+pada+semester+genap+tahun%0D%0Aajaran+2023%2F2024.+Desain+penelitian+yang+digunakan+adalah+quasi-experiment%0D%0Abentuk+non-equivalent+control+group+design%2C+dengan+sampel+penelitian+kelas+XI%0D%0AIPA+7+dan+XI+IPA+6+yang+berperan+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.%0D%0ATeknik+pengumpulan+data+kemampuan+problem+solving+dilakukan+menggunakan%0D%0Ateknik+tes+berupa+soal+pilihan+ganda+beralasan+pada+materi+gelombang+bunyi.%0D%0ASebelum+digunakan+instrumen+tes+diuji+validitas+dan+reliabilitas.+Berdasarkan+hasil%0D%0Apenelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+pengaruh+dari+model+PBL+berbantuan%0D%0Alaboratorium+virtual+terhadap+kemampuan+problem+solving+fisika+peserta+didik.%0D%0ARata-rata+N-Gain+kedua+kelas+sampel+secara+keseluruhan+berada+pada+kategori%0D%0Asedang%2C+dengan+rata-rata+N-Gain+kelas+eksperimen+lebih+besar+dari+kelas+kontrol%0D%0Ayaitu+sebesar+0%2C65+dan+0%2C39.+Hasil+uji+Independent+Sample+T-Test+menunjukkan%0D%0Abahwa+nilai+sig.(2+tailed)+0%2C000+%3C+0%2C05%2C+artinya+terdapat+perbedaan+kemampuan%0D%0Aproblem+solving+fisika+antara+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.+Hasil+uji+effect%0D%0Asize+menunjukkan+pengaruh+penerapan+model+PBL+berbantuan+laboratorium%0D%0Avirtual+terhadap+kemampuan+problem+solving+peserta+didik+berada+pada+kategori%0D%0Abesar+dengan+nilai+0%2C99.+Hal+ini+menunjukkan+model+PBL+berbantuan%0D%0Alaboratorium+virtual+berpengaruh+dalam+meningkatkan+kemampuan+problem%0D%0Asolving+peserta+didik.%0D%0AKata+Kunci%3A+Kemampuan+Problem+Solving%2C+Model+Problem+Based+Learning%2C%0D%0A%0D%0ALaboratorium+Virtual.%0D%0A%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-10-01&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84205%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520Fifi%2520Salia%2520Putri.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84205%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520-%2520Fifi%2520Salia%2520Putri.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84205%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN%2520-%2520Fifi%2520Salia%2520Putri.pdf&rft.identifier=++FIFI+%2C+SALIA+PUTRI++(2024)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTUAN+LABORATORIUM+VIRTUAL+TERHADAP+KEMAMPUAN+PROBLEM+SOLVING+PESERTA+DIDIK.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F84205%2F