%0 Generic %A FIFI , SALIA PUTRI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84205 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK %U http://digilib.unila.ac.id/84205/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan problem solving peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Natar pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment bentuk non-equivalent control group design, dengan sampel penelitian kelas XI IPA 7 dan XI IPA 6 yang berperan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan problem solving dilakukan menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda beralasan pada materi gelombang bunyi. Sebelum digunakan instrumen tes diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari model PBL berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan problem solving fisika peserta didik. Rata-rata N-Gain kedua kelas sampel secara keseluruhan berada pada kategori sedang, dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu sebesar 0,65 dan 0,39. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig.(2 tailed) 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan kemampuan problem solving fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji effect size menunjukkan pengaruh penerapan model PBL berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan problem solving peserta didik berada pada kategori besar dengan nilai 0,99. Hal ini menunjukkan model PBL berbantuan laboratorium virtual berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Problem Solving, Model Problem Based Learning, Laboratorium Virtual.