%A PASARIBU BINTANG %T HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 3 RAJABASA %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik, Tujuan penelitian ini untuk mengidentidikas hubungan positif dan signifikan antara fasilitas belajar di sekolah dan hasil belajar,minat belajar dan hasil belajar, fasilitas belajar dan minat belajar serta fasilitas belajar disekolah dan minat belajar dengan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post factokorelasi. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel bebas pada penelitian ini adalah fasilitas belajar di sekolah dan minat belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data yang gunakan adalah korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signif]]ikan antara fasilitas belajar di sekolah dan minat belajar matematika peserta didik kelas 5 SDN Rajabasa di tunjukan dengan koefisien sebesar 0,449 dengan kategori cukup kuat?. Kata kunci : fasilitas belajar, hasil belajar, minat belajar. ABSTRACT THE RELATIONSHIP OF LEARNING FACILITIES AT SCHOOL AND INTEREST IN LEARNING WITH MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES CLASS 5 STUDENTS OF SDN 3 RAJABASA By BINTANG PASARIBU The problem in this research is the low mathematics learning outcomes of students. The aim of this research is to identify a positive and significant relationship between learning facilities at school and learning outcomes, interest in learning and learning outcomes, learning facilities and interest in learning as well as learning facilities at school and interest in learning and results. Study. This research uses quantitative research with an ex-post facto correlation method. The dependent variable in this research is learning outcomes, while the independent variables in this research are learning facilities at school and interest in learning. The population in this study was 45 students. Data collection techniques use documentation and questionnaires. The data analysis used is product moment correlation. The results of data analysis show that there is a positive and significant relationship etween learning facilities at school and interest in learning mathematics in grade 5 students at SDN Rajabasa, shown by a coefficient of 0.449 in the 'fairly strong' category. Keywords: learning facilities, learning outcomes, interest in learning. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints84209