creators_name: MITA , AYUNING TIAS creators_id: 2013053034 type: other datestamp: 2025-02-18 03:56:12 lastmod: 2025-02-18 03:56:12 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENERAPAN BUDAYA LITERASI MEMBACA DAN KETERAMPILAN MENULIS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 5 METRO PUSAT ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar peserta didik kelas II SD Negeri 5 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan budaya literasi membaca terhadap minat belajar, keterampilan menulis terhadap minat belajar, penerapan budaya literasi membaca dan keterampilan menulis bersama-sama dengan minat belajar. Jenis penelitian yaitu kuantitatif. Populasi berjumlah 69 peserta didik dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yaitu angket penerapan budaya literasi membaca, angket keterampilan menulis, dan angket minat belajar. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji regresi linear berganda dengan rumus uji f diperoleh hasil Fhitung > Ftabel atau 4,62 > 3,13, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan budaya literasi membaca dan keterampilan menulis terhadap minat belajar peserta didik kelas II SD Negeri 5 Metro Pusat. Kata Kunci: budaya literasi membaca, keterampilan menulis, minat belajar The problem in this research is the low interest in learning of class II students at SD Negeri 5 Metro Pusat. This research aims to determine the positive and significant influence of implementing a reading literacy culture on the learning interest, writing skills on the learning interest, the application of reading literacy culture and writing skills together with the learning interest. The type of research is quantitative. The population was 69 students and the entire population was used as the research sample. Data collection techniques use questionnaires, namely a questionnaire on the application of reading literacy culture, a writing skills questionnaire, and a learning interest questionnaire. The data analysis technique uses simple linear regression and multiple linear regression tests. Based on the results of hypothesis testing using multiple linear regression with the f test formula, the results obtained are Fcount > Ftable or 4.62 > 3.13, so it can be concluded that there is a significant influence of the application of reading literacy culture and writing skills on the learning interest of class II students at SD Negeri 5 Metro Pusat. Keywords: reading literacy culture, writing skills, interest in learning date: 2024-04-22 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: MITA , AYUNING TIAS (2024) PENGARUH PENERAPAN BUDAYA LITERASI MEMBACA DAN KETERAMPILAN MENULIS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 5 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/84213/1/1.%20ABSTRAK%20-%2020.%20Mita%20Ayuning%20Tias%204D.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84213/2/2%20SKRIPSI%20FULL%20-%2020.%20Mita%20Ayuning%20Tias%204D.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84213/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%2020.%20Mita%20Ayuning%20Tias%204D.pdf