%A NUGRAHA CHRISTIAN KRISNA BAYU %T STRATEGI PARTAI GERINDRA PROVINSI LAMPUNG DALAM PEMENANGAN PRABOWO SUBIANTO SEBAGAI PRESIDEN INDONESIA 2024-2029 %X Partai Gerindra telah mencalonkan Prabowo Subianto menjadi Presiden atau Wakil Presiden pada tahun 2009, 2014 dan 2019. Namun Prabowo Subianto selalu mengalami kekalahan setiap pemilihan Presiden. Hal tersebut, memunculkan pertanyaan penelitian, bagaimana strategi Partai Gerindra provinsi Lampung dalam pemenangan Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia 2024- 2029. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan Partai Gerindra dalam menghadapi pemilihan presiden tahun 2024 di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan teori strategi politik Indonesia yang dikemukakan oleh Peter Schroder (2009) yaitu meliputi strategi perencanaan (dukungan dan pengorganisasian), strategi implementasi (komunikasi) dan strategi evaluasi (capaian tujuan). Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian strategi perencanaan yang diterapkan yaitu memperkuat akar rumput, arahan Partai Gerindra ke kader dan simpatisan menekankan program makan siang dan susu gratis. Strategi Implementasi yang diterapkan yaitu melakukan konsolidasi memperkuat struktur Partai dari tingkatan DPD. DPC, PAC, dan Ranting, membangun koalisi partai Tim Kemenangan Daerah (TKD). Strategi evaluasi yang diterapkan yaitu penyebaran tentang Prabowo Subianto sekaligus mempromosikannya di Instagram dan Tiktok dengan branding gemoy dan kolaborasi dengan influencer atau artis dengan mengadakan kegiatan anak muda serta adanya sosialisi Gibran kepada anak muda. Strategi ini berhasil memenangkan Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia 2024-2029. Kata Kunci: Strategi, Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Pemilihan Presiden 2024 The Gerindra Party has nominated Prabowo Subianto to be President or Vice President in 2009, 2014 and 2019. However, Prabowo Subianto always experiences defeat in every Presidential election. This raises the research question, what is the strategy of the Gerindra Party in Lampung province in winning Prabowo Subianto as president of Indonesia 2024-2029. This research aims to determine the strategy implemented by the Gerindra Party in facing the 2024 presidential election in Lampung Province. This research uses the theory of Indonesian political strategy proposed by Peter Schroder (2009), which includes planning strategies (support and organization), implementation strategies (communication) and evaluation strategies (goal achievement). The method used is descriptive qualitative. The data collection techniques used in this research are interviews, observation and documentation. The research results of the planning strategy implemented were strengthening the grassroots, the Gerindra Party's direction to cadres and sympathizers emphasized the free lunch and milk program. The implementation strategy implemented is to consolidate and strengthen the Party structure from the DPD level. DPC, PAC, and Ranting, built the Regional Victory Team (TKD) party coalition. The evaluation strategy implemented is spreading information about Prabowo Subianto as well as promoting him on Instagram and Tiktok with gemoy branding and collaborating with influencers or artists by holding youth activities and socializing Gibran to young people. This strategy succeeded in winning Prabowo Subianto as President of Indonesia 2024- 2029. Keywords: Strategy, Gerindra Party, Prabowo Subianto, 2024 presidential election %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints84275