creators_name: NARA , DEA NADOVA creators_id: 2016051057 type: other datestamp: 2025-02-18 07:20:36 lastmod: 2025-02-18 07:20:36 metadata_visibility: show title: PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN JARINGAN USAHA TERHADAP KINERJA UMKM DI BANDAR LAMPUNG: PERAN MODERASI DARI ORIENTASI PASAR ispublished: pub subjects: 320 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan jaringan serta efek moderasi dari orientasi pasar terhadap kinerja UMKM sektor kuliner di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan objek penelitiannya yaitu UMKM pada sektor kuliner di Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner yang disebarkan pada 100 responden. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis PLS-SEM dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji outer model, inner model, dan uji hipotesis pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan dan jaringan usaha secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Sedangkan orientasi pasar memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan dalam memoderasi hubungan antara literasi keuangan dan jaringan usaha terhadap kinerja UMKM sektor kuliner di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Jaringan Usaha, Orientasi Pasar, Kinerja UMKM ABSTRACT THE INFLUENCE OF FINANCIAL LITERACY AND BUSINESS NETWORKS ON MSME PERFORMANCE IN BANDAR LAMPUNG: THE MODERATION ROLE OF MARKET ORIENTATION By NARA DEA NADOVA This research aims to determine the influence of financial literacy and networks as well as the moderating influence of market orientation on the performance of MSMEs in the culinary sector in Bandar Lampung. This research uses a quantitative approach which is analyzed using PLS-SEM with the research object being MSMEs in the culinary sector in Bandar Lampung. Data collection was carried out using a questionnaire distributed to 100 respondents. Data were analyzed using descriptive statistics and PLS-SEM analysis using SmartPLS 3.0 software. The data analysis techniques used include outer model testing, inner model testing, and direct and indirect influence hypothesis testing. The research results show that financial literacy and business networks directly have a positive and significant effect on the performance of MSMEs. Meanwhile, market orientation has a positive but not significant influence in moderating the relationship between financial literacy and business networks on the performance of MSMEs in the culinary sector in Bandar Lampung City. Keywords : Financial Literacy, Business Networks, Market Orientation, Performance of MSMEs date: 2024-06-25 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: NARA , DEA NADOVA (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN JARINGAN USAHA TERHADAP KINERJA UMKM DI BANDAR LAMPUNG: PERAN MODERASI DARI ORIENTASI PASAR. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/84276/1/Abstrak%20Nara%20-%20Nara%20Dea%20Nadova.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84276/2/Skripsi%20Nara%20Tanpa%20Lampiran%20-%20Nara%20Dea%20Nadova.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/84276/3/Skripsi%20Nara%20Tanpa%20BAB%20IV%20dan%20Lampiran%20-%20Nara%20Dea%20Nadova.pdf