TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints84286 UR - http://digilib.unila.ac.id/84286/ A1 - SHAFA, ? SALSABILA Y1 - 2024/08/06/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah fenomena kecerdasan emosional pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan fatherless dengan kecerdasan emosional pada siswa-siswi SMK Negeri 1 Gedong Tataan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian korelasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala fatherless dan skala kecerdasan emosional. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis nonparametrik dengan menggunakan analisis Spearman Rank. Populasi berjumlah 735 siswa dengan sampel dalam penelitian sebanyak 313 siswa dengan teknik convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara fatherless atau tingkat kelekatan bersama ayah dengan kecerdasan emosional. Adapun hasil penelitian menunjukkan dengan persentase terdapat 42% siswa memiliki kelekatan yang cukup dan 35% siswa mengalami fatherless atau kelekatan bersama ayah kurang, dan mayoritas siswa memiliki kecerdasan emosional sedang sebanyak 87%. Berdasarkan hasil analisis menggunakan korelasi Spearman Rank didapatkan hasil 0,691 maka terdapat hubungan kuat antara fatherless dengan kecerdasan emosional siswa. Kata Kunci : fatherless, kecerdasan emosional, siswa SMK The problem in this research is the phenomenon of low emotional intelligence in students. The aim of this research is to determine the relationship between fatherlessness and emotional intelligence among students at SMK Negeri 1 Gedong Tataan. The method used in this research is quantitative research with a correlation type of research. The data collection method uses the fatherless scale and emotional intelligence scale. The analytical method used is descriptive analysis and nonparametric analysis using Spearman Rank analysis. The population was 735 students with a sample in the study of 313 students using convenience sampling technique. The results of this study show that there is a significant relationship between fatherlessness or the level of attachment with the father and emotional intelligence. The research results show that in percentage terms, 42% of students have sufficient attachment and 35% of students experience fatherlessness or lack of attachment to their father, and the majority of students have moderate emotional intelligence, 87%. Based on the results of the analysis using Spearman Rank correlation, it was found that there was a strong relationship between fatherlessness and students' emotional intelligence. Keywords: fatherless, emotional intelligence, vocational school students PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN FATHERLESS DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SMK NEGERI 1 GEDONGTATAAN AV - restricted ER -