%A ROPATINA VALENTINA HUTASOIT MONIKA 
%T ANALISIS KESESUAIAN SUPPLY-DEMAND DAN STRATEGI
PENGEMBANGAN DESA WISATA TIPANG, SUMATERA UTARA
%X Perubahan kecenderungan perjalanan wisata yang awalnya terfokus pada daerah
tujuan wisata konvensional kini mulai bergeser ke arah pencarian daerah tujuan
wisata alternatif, menjadikan pengembangan desa wisata sebagai topik yang
semakin sering dibahas dan diprioritaskan. Desa Wisata Tipang merupakan desa
yang menjadi Juara IV ADWI 2021 dan memiliki atraksi dan sarana wisata yang
cukup lengkap. Namun menurut Jejaring Desa Wisata (Jadesta), Desa Wisata
Tipang masih dalam kategori perintis dengan potensi yang terbatas, minimnya
sarana dan prasarana, rendahnya tingkat kunjungan wisatawan, serta pengelolaan
yang masih bersifat lokal. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dianggap
sangat penting untuk dilakukan, karena penelitian ini akan menguraikan terkait
supply side dan demand side serta strategi pengembangan Desa Wisata Tipang yang
akan berpengaruh pada keberlanjutan pembangunan Desa Wisata Tipang. Metode
analisis penelitian yang digunakan adalah analisis supply-demand, BCG, SWOT
dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen penawaran dan
permintaan Desa Wisata Tipang memiliki skor rendah yang menunjukkan bahwa
kedua komponen ini belum mendukung pengembangan desa wisata tersebut.
Berdasarkan matriks BCG, desa ini berada pada posisi "Dogs" yang berarti desa ini
memerlukan investasi yang tinggi dengan mengembangkan produk yang sudah ada
serta membuat peramalan permintaan agar tidak membuang modal melalui adanya
promosi wisata. Nilai potensi daya tarik wisata menjelaskan bahwa komponen
penawaran Desa Wisata Tipang cukup potensial untuk mendukung pengembangan
desa wisata tersebut. Strategi untuk mendukung pengembangan Desa Wisata
Tipang meliputi penyediaan paket wisata, pusat informasi, pengembangan objek
wisata, sosialisasi melalui berbagai media, dan pengembangan produk unggulan
desa.
Kata Kunci : Desa Wisata Tipang, Komponen Penawaran dan Permintaan,
Matriks BCG, Potensi Daya Tarik, Strategi Pengembangan


The shift in travel trends, which initially focused on conventional tourist
destinations, is now moving towards the search for alternative tourist destinations,
making the development of tourist villages a topic that is increasingly discussed
and prioritized. Tipang Tourism Village is a village that won 4th place in the 2021
ADWI and has a variety of attractions and complete tourist facilities. However,
according to the Village Tourism Network (Jadesta), Tipang Tourism Village is still
categorized as a pioneer with limited potential, minimal facilities and
infrastructure, low levels of tourist visits, and management that is still local in
nature. Based on this, this research is considered very important to conduct, as it
will elaborate on the supply side and demand side, as well as the development
strategies for Tipang Tourism Village, which will impact the sustainability of the
development of Tipang Tourism Village. The research analysis methods used are
supply-demand analysis, BCG, SWOT, and QSPM. The results indicate that the
supply and demand components of Tipang Tourism Village have low scores,
suggesting that these two components do not yet support the development of the
tourism village. Based on the BCG matrix, this village is in the "Dogs" position,
which means it requires high investment by developing existing products and
creating demand forecasting to avoid wasting capital through tourism promotions.
The value of the potential tourist attraction explains that the supply components of
Tipang Tourism Village are quite promising to support the development of the
tourism village. The strategy to support the development of Tipang Tourism Village
includes providing tour packages, an information center, developing tourist
attractions, socialization through various media, and developing the village's
flagship products.
Keywords: Tipang Tourism Village, Supply and Demand Components, BCG
Matrix, Attraction Potential, Development Strategy

%D 2024
%I UNIVERSITAS LAMPUNG
%L eprints84289