@misc{eprints84300, month = {Februari}, title = {PENGARUH PENERAPAN e-LEARNING PADA PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA}, author = {Khoirunnisa Silvia }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/84300/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan WhatsApp berbasis inkuiri terbimbing pada materi usaha dan energi. Penelitian dilaksanakan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung pada kelas X IPA 1 dan X IPA 2 menggunakan penelitian eskperimen dengan desain penelitian non- equivalent control group design. Instrumen pada penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda beralasan pada materi usaha dan energi. Hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi dianalisis dengan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi dan N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis independent simple T-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,003 {\ensuremath{<}}0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kelas eskperimen dan kelas kontrol. Hasil uji effect size diperoleh sebesar 0,9282 dengan kategori besar yang berarti pembelajaran menggunakan WhatsApp berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh sangat baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan WhatsApp pada materi usaha dan energi berpengaruh tinggi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata Kunci: E-learning, Usaha dan Energi, Inkuiri Terbimbing, WhatsApp, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. } }