TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints84309 UR - http://digilib.unila.ac.id/84309/ A1 - DINI , INDAH NUR'AINI Y1 - 2024/04/02/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya critical thinking skills yang terlihat dari rendahnya hasil belajar dan minat belajar yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh environmental learning model terhadap critical thinking skills peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas 4A dan 4B. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes critical thinking skills. Analisis data menggunakan teknik analysis of covariance yang dibantu dengan penggunaan SPSS. Berdasarkan uji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan environmental learning model terhadap critical thinking skills dengan hasil partial eta square 0,444 yang dapat diinterpretasikan dalam effect size dengan kategori ?besar?. Kata kunci: critical thinking skills, environmental learning model, kelas IV, peserta didik This research is motivated by the low level of critical thinking skills which can be seen from the low learning outcomes and low interest in learning. This research aims to determine the influence of the environmental learning model on students' critical thinking skills in science subjects. This type of research is a quasi- experiment with a non-equivalent control group design. The population and sample of this study are class 4A and 4B. Data collection was carried out by giving tests on critical thinking skills. Data analysis uses analysis of covariance techniques assisted by the use of SPSS. Based on hypothesis testing, the results of this research show that there is a significant influence on the application of the environmental learning model on critical thinking skills with a partial eta square result of 0,444 which can be interpreted in an effect size in the "large" category. Keywords: critical thinking skills, environmental learning model, class IV, students PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH ENVIRONMENTAL LEARNING MODEL TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 HADUYANG AV - restricted ER -