%0 Generic %A IKA , ANGELITA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84335 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/84335/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampelnya adalah menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020 yang berjumlah 69 responden dengan mahasiswa aktif berjumlah 58 responden. Penelitian ini hanya merupakan penelitian dengan variabel tunggal dan menggunakan 3 indikator: kognitif, emosi dan konasi. Teknik pengumpulan datanya adalah kuesioner, dan dokumentasi dengan melakukan penyebaran kuesioner serta dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung berada pada kategori kurang berminat dengan persentase sebesar 81,03% yang ditinjau dari aspek kognisi, emosi dan konasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung angkatan 2020 kurang berminat menjadi guru. Kata kunci: minat, guru, geografi. This study aims to determine and analyze the level of interest in becoming a teacher among students of the Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. This study uses a descriptive quantitative method. The sampling technique uses a purposive sampling technique with the sample in this study being all students of the 2020 intake totaling 69 respondents with 58 active students. This study is only a study with a single variable and uses 3 indicators: cognitive, emotional and conation. The data collection technique is a questionnaire, and documentation by distributing questionnaires and conducting validity and reliability tests. The results of this study indicate that the interest in becoming a teacher among students of the Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung is in the category of less interested with a percentage of 81.03% which is reviewed from the aspects of cognition, emotion and conation. So it can be concluded that students of the Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung, class of 2020 are less interested in becoming teachers. Key words: interest, teacher, geography.