%0 Generic %A MUKHLISATUN , HUSNIYAH %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:84355 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN TOKEN EKONOMI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN %U http://digilib.unila.ac.id/84355/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan token ekonomi terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian quasi eksperimental design. Desain penelitian ini adalah non equivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 69 anak yang memiliki usia 5-6 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai rerata sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen, nilai sebelum diberi perlakuan sebesar 43,00 dan nilai setelah diberi perlakuan sebesar 59,83 dengan menggunakan uji paired sample t-test. Kemudian, hasil pengujian menggunakan uji independent t test mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang memiliki arti bahwa adanya perbedaan rerata kepercayaan diri anak pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan token ekonomi terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci : anak usia 5-6 tahun, kepercayaan diri, penerapan token ekonomi ABSTRACT THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF THE TOKEN ECONOMY ON THE SELF-CONFIDENCE OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS By MUKHLISATUN HUSNIYAH This study aims to determine the effect of the application of token economy on the self-confidence of children aged 5-6 years. The method used in this study is quantitative research with a form of quasi-experimental design research. The design of this study is a non equivalent control group design. The sample of this study amounted to 69 children aged 5-6 years. The instrument used in this study was a self-confidence observation sheet of children aged 5-6 years. The results showed that there was a difference in the average value before being treated and after being treated in the experimental class, the value before being treated was 43.00 and the value after being treated was 59.83 using the paired sample t-test. Then, the test results using the independent t test get a Sig. (2-tailed) value of 0.00 < 0.05 which means that there is a difference in the average confidence of children in the experimental class and in the control class. Based on these results, it can be concluded that there is an influence of the application of token economics on the confidence of children aged 5-6 years. Keywords: children aged 5-6 years, self-confidence, application of token economy