%A Arya Duta Trio %T ANALISIS STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS NAZ CAKE AND COOKIES KOTA BANDAR LAMPUNG) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bisnis Naz Cake & Cookies menggunakan metode SWOT dan QSPM. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, diperlukan strategi bisnis yang efektif agar perusahaan mampu bertahan dan berkembang. Metode SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal, yang memengaruhi perusahaan. Setelah mengidentifikasi SWOT, metode QSPM diterapkan untuk mengevaluasi dan memilih strategi alternatif yang paling tepat berdasarkan faktor-faktor yang telah diidentifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang paling efektif untuk diimplementasikan adalah meningkatkan jumlah produksi untuk menjaga kepercayaan konsumen. Selain itu, strategi lain seperti memberikan diskon menjelang toko tutup, juga dianggap penting untuk mendukung pertumbuhan perusahaan. Saran yang diberikan mencakup meningkatkan jumlah produksi, optimalisasi penggunaan digital marketing, serta pengaturan ulang layout produk untuk meningkatkan daya tarik visual dan pengalaman pelanggan. Dengan strategi- strategi ini, diharapkan Naz Cake & Cookies dapat mempertahankan serta meningkatkan daya saingnya di pasar. Kata Kunci: Strategi bisnis, SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix, Analisis strategi. This research aims to evaluate the business strategy of Naz Cake & Cookies using the SWOT and QSPM methods. To address increasing competition, effective business strategies are necessary for the company to sustain and grow. The SWOT method is employed to identify the internal and external factors affecting the company. After identifying the SWOT factors, the QSPM method is applied to evaluate and select the most appropriate alternative strategies based on the identified factors. The analysis results suggest that the most effective strategy to implement is increasing production volume to maintain customer trust. Additionally, strategies such as offering discounts near closing time are also considered important to support the company's growth. Recommendations include increasing production, optimizing the use of digital marketing, and reorganizing product layout to enhance visual appeal and customer experience. With these strategies, Naz Cake & Cookies is expected to maintain and improve its competitiveness in the market. Keywords: Business strategy, SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix, Strategy analysis. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints84372